Minggu, 22 Mei 2011

ANALISIS KAIDAH PEMENGGALAN SUKU PERTAMA PADA KATA BAHASA INDONESIA

Menganalisis karya tulis dengan topik “ Suatu Model Kaidah Pemenggalan suku Pertama pada Kata Bahasa Indonesia” menurut saya topik tersebut sudah spesifik. Lalu pada judulnya lebih menerangkan bahwa karya tulis tersebut berupa analisis singkat. Selanjutnya pada bagian pendahuluan pada awal kalimat terdapat kesalahan dalam pemilihan kata, yaitu pada kata “Sejak komputer berhasil diciptakan orang” seharusnya kata ‘orang’ diganti dengan kata ‘manusia.’Kemudian pada baris selanjutnya kalimat ‘alat penerjemah bahasa’ ada kesalahan struktur ejaa, yaitu pada kata ’penerjemah’ seharusnya adalah penterjemah. Dan juga tidak boleh ada kata ganti orang ketiga seperti mereka, anda, kita, saya, dsb.Analisi yang berikutnya adalah di bagian kedua pada kalimat ‘komputer diharapkan dapat dengan tanpa keliru memenggal suku pertama’ Pada kalimat tersebut terdapat kesalahan dalam penyusunan kalimat, seharusnya ditulis ‘komputer diharapkan tidak keliru memenggal suku pertama’. Dan juga pada baris selanjutnya pada kalimat ‘yang terdiri atas empat atau lebih huruf’ seharusnya tertulis ‘yang terdiri atas empat huruf atau lebih’.
Dan juga pada bagian tinjauan pustaka telah terjadi penggunaan bahasa yang tidak tepat dan penulisan kalimat yang terlalu panjang (tidak ada subjek dan predikat), dan juga penyebutan sumber artikel berungkali sangat tidak efisien. Posisi berikutnya yaitu kesimpulan terdapat kesalahan pemilihan kata, yaitu pada kalimat ‘kata yang berawal dengan huruf bukan b dapat dipenggal melalui peletakan tanda suku’ kata ‘peletakan‘ seharusnya diganti kata ‘pemakaian’.
Pada bagian pustaka banyak kesalahan contohnya penulisan tidak disusun menurut urutan abjad, tidak perlu adanya nomor urut, Antara nama penulis, judul tulisan, dan tempat dalam daftar pustaka dipisahkan dengan tanda koma (,) seharusnya dengan tanda titik (.), meletakan tahun penerbitan karya tulis diakhir kalimat. Ternyata sebagian besar penulisan daftar pustaka salah. Pada penulisan biodata penulis , tidak ada kesalahan. Hanya saja penulisan riwayat hidup penulis sangat ringkas.
Sekian dan terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar